Home » » Cara Melepas Dan Memasang RAM pada Motherboard Komputer

Cara Melepas Dan Memasang RAM pada Motherboard Komputer

By Dion Mloto on 9.6.17

Kawan, teknologi makin hari makin pesat. Jika dulu gadget semacam pager merupakan suatu alat komunikasi sangat mewah sebelum adanya handphone, kini pager sudah tidak ada lagi yang kenal dan merupakan alat komunikasi kuno ketinggalan jaman dan bahkan ada yang menyebut katrok.. hee.. 

Tetapi ada satu yang tidak bisa di sebut kuno ataupun katrok yaitu komputer. Komputer meskipun sekarang gaungnya redup dengan bermunculannya berbagai macam jenis laptop,netbook atau notebook *terserahlah nyebutnya apa* baru yang terkesan simple di tambah dengan munculnya aneka gadget yang lebih ramping lagi makin membuat komputer jauh tertinggal. 

Namun jangan salah kawan, kepiawaian laptop dan handphone - handphone canggih tetap tidak mampu mengungguli kemampuan komputer untuk mengerjakan pekerjaan digital yang cukup bahkan sangat berat. Komputer ibarat sebuah robot yang mampu di sesuaikan perangkat-perangkatnya dengan jenis pekerjaan yang akan di kerjakan. Salah satunya adalah RAM, Random Access Memory sebuah komputer bisa di upgrade menyesuaikan kebutuhan dengan mudah. Nah taukah anda bagaimana cara memasang RAM pada motherboard komputer?

Baca juga :

Pastinya yang jago komputer tulisan ini terbilang basi ya tapi nggak apa-apa buat kawan-kawan yang belum tau dan kebetulan nyasar di sini, dion mloto akan berbagi tips cara mudah memasang RAM pada motherboard komputer.
  • Pertama yang harus di lakukan pastinya mencabut unit komputer dari stop kontak PLN. Biar aman.. pastikan kabel-kabel AC PLN CPU dan monitor terlepas semua dari stop kontak.
  • Kemudian lanjut dengan membuka cover PC (Personal Computer) atau yang biasa di sebut 'CPU' tadi dengan melepas 2 sekrup di sisi belakang. (Biasanya cover sebelah kiri)
  • Setelah cover terbuka, yang terlihat di sana pastinya sebuah papan yang menempel dengan banyak 'ornamen' *hehee..* aneh-aneh plus kipas di atas plat kisi-kisi. Bagi yang belum tau, itulah papan induk atau emaknya papan komputer alias motherboard. Lihat di sisi dekat kipas yang menempel di kisi-kisi alumunium pendingin, di sana ada plat tipis berdiri pada soket dan di jepit kanan kirinya, itulah yang di namakan RAM.
  • Cara melepas RAM dari motherboard adalah dengan menekan penjepit RAM sebelah kanan dan kiri. Jangan takut kesetrum soalnya CPU sudah tidak terhubung dengan listrik PLN. Ini agak berat, kalau susah dengan jari telunjuk, bisa dengan menggunakan jempol. Jika kedua pin pengunci kanan dan kiri terbuka tinggal ambil deh RAM nya.
  • Nah dari pada bongkar CPU cuma pengen tau cara melepas dan memasang RAM saja, mendingan sekalian di bersihin. Gimana caranya? Cukup mudah, untuk bodi RAM bisa menggunakan kuas atau sikat gigi dah kalau alasan nggak punya. Dengan catatan: Sikat giginya harus kering banget nggak boleh basah sama sekali, lembab pun nggak boleh. Untuk bagian logam tembaga yang pinggir, bisa menggunakan penghapus pensil untuk membersihkannya.
  • Perhatikan pada deretan logam tembaga, di sana terdapat coakan. Coakan tersebut merupakan penanda agar pemasangan RAM pada motherboard tidak terbalik, sekaligus sebagai tanda tipe RAM yang di gunakan, misanya DDR, DDR2,DDR3 dan seterusnya.
  • Lalu bagaimana cara memasang RAM pada motherboard komputer lagi? Ya tinggal kebalikan cara melepas RAM tadi to ya. Pastikan dulu pin pengunci RAM kana dan kiri dalam posisi terbuka.
  • Posisikan coakan RAM yang di sebut tadi pada soket motherboard dengan tepat. Jangan terbalik. Perhatikan soket yang menempel pada motherboard, di sana juga ada ganjalan bukan?! *kalo ndak kelihatan pake senter* Nah kalau pasang RAM nya terbalik maka RAM tersebut tidak bisa masuk. Jika di ukur pakai penggaris akan ada perbedaan panjang antara sisi kiri dan sisi kanan coakan.
  • Setelah itu, silakan tekan bilah RAM tersebut sampai pin pengunci RAM di sisi kanan dan kiri berbunyi 'KLIK' artinya Ram tersebut sudah menempelkuat pada soket motherboard dan sudah di kunci pada sisi kanan dan kirinya. Sehingga RAM komputer tersebut tidak akan bergerak lagi meskipun terkena getaran.
Gimana? ndak sulit kan cara melepas dan memasang RAM pada motherboard komputer?! Pastinya lebih mudah mempelajari PC dari pada laptop *eh laptop PC juga kan ya?* Maksudnya nggak seribet laptop,netbook,notebook dan bala kurawanyalah. Wokeh sampai di sini dulu kita,. gambarnya nanti menyusul... masih belum ketemu di simpan di mana. Lupa.

Eh iya, lupa juga kan?! Artikel ini hanya cara melepas dan memasang RAM pada motherboard saja kawan, bukan cara mengganti RAM atau cara meng- upgrade RAM komputer ya,. sekali lagi hanya cara melepas dan memasang. Kalau cara mengganti atau cara meng- upgrade RAM komputer, nanti akan di bahas pada topik khusus, ada hal-hal yang harus di perhatikan sebelum ganti atau upgrade RAM. Atau?! browsing saja dulu.. banyak yang sudah bahas soal upgrade RAM.

Sampai di sini dulu dan..... Salam!



1 comments:

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,