Home » » Cara Membersihkan File Sisa Uninstall PC / Laptop | Menghapus File Sisa Uninstall | Cara Membersihkan File Sisa Uninstall Laptop Tanpa Software

Cara Membersihkan File Sisa Uninstall PC / Laptop | Menghapus File Sisa Uninstall | Cara Membersihkan File Sisa Uninstall Laptop Tanpa Software

By Dion Mloto on 2.4.17

Hai kawan, kali ini saya sedikit share pengalaman soal cara membersihkan file sisa uninstall pada PC atau laptop ala Dion Mloto. Cara menghapus file sisa unistall ini untuk mengembalikan performa personal computer atau laptop bin netbook abangnya notebook. Terlebih lagi buat anda yang sering bongkar pasang software dan pengen coba-coba software yang belum pernah anda gunakan.

Semakin sering anda bongkar pasang ( install uninstall ) software maka pada directory C: juga akan semakin menumpuk file - file sisa yang sudah tidak terpakai lagi. Memang semua sudah di uninstall, tetapi setiap software akan meninggalkan file sisa di komputer anda. Meskipun kapasitasnya kecil tetapi kalau banyak software kan juga numpuk banyak.

Efeknya, komputer / laptop menjadi lemot, loading lama dan tentunya bikin pening kepala kalau mengerjakan tugas harus dengan cepat. Nah di siini Dion Mloto akan berbagi tips cara menghapus file sisa uninstall tanpa software. Yuk langsung saja:

Buka Menu Registry Editor dengan cara tekan tombol Windows + R atau via start -> run (for XP)

Cara Menghapus File Sisa Uninstall laptop Tanpa Software

Kemudian ketik REGEDIT




Klik kotak kombo pada HKEY_CURRENT_USER\Software


Kemudian cari nama file sisa software yang sudah di uninstall di folder - folder bawahnya. Setelah ketemu, pilih, kemudian klik kanan -> delete.

Setelah file sisa uninstall tidak ada lagi di registry HKEY_CURRENT_USER\Software selesai, lanjutkan pada direktory HKEY_LOCAL_MACHINE. Caranya sama dengan di atas.

Klik kotak kombo yang bertanda + di samping kiri HKEY_LOCAL_MACHINE cari tulisan SOFTWARE

Kemudian cari lagi nama file, folder, software yang di uninstall. Setelah ketemu, pilih, kemudian klik kanan -> delete.


Jika mengalami kesulitan mencari nama file, folder, software satu persatu dengan cara di atas. Ada cara membersihkan file sisa uninstall tanpa software yang lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan menu search caranya:

Tekan tombol Windows + R untuk menjalankan perintah RUN



Ketik REGEDIT


Setelah tab Registry Editor muncul seperti gambar di bawah ini. Lalu klik pada My Computer


Tekan Ctrl + F. Kombinasi keyboard ini untuk memeunculkan tab SEARCH


Ketikkan nama software yang di uninstall. Di sini saya akan menghapus file sisa uninstall software browser mozilla sebagai contoh.


Centang semua kotak kombo pada list Look at dan Match whole string only


Kemudian klik Find Next



Tunggu hingga proses pencarian selesai.


Setelah CPU menemukan file Mozilla maka folder tersebut akan terpilih dengan warna berbeda seperti ini


Tinggal delete deh.

Lakukan cara ini ( dengan Tab Find ) berulang-ulang sampai CPU tidak lagi menemukan nama software yang anda uninstall.

CATATAN:
  • Layar Registry Editor, ( saya bilang layar biar gampang di pahami bro ) merupakan tempat di mana file - file terkecil dari otak komputer tersimpan.
  • Harap hati - hati saat bekerja dengan tab Registry Editor, jangan sampai anda salah menghapus file. Nggak bakal meledak sih tapi jika anda salah menghapus maka salah satu atau beberapa bagian komputer anda tidak berfungsi.
  • Jangan mengutak - atik file fungtion yang yang ada pada tab kanan. Tab ini berisi file bahasa komputer yang berupa bilangan biner, oktal dan hexadesimal. Contohnya seperti ini


  • Jika anda secara tidak sengaja menghapus, menambah atau merubah angka 0 atau 1 maka file tersebut tidak dapat berjalan di komputer / laptop anda alias crash
  • Jika ragu - ragu saat akan menghapus, ada baiknya anda urungkan saja. Dari pada laptop nya error.
Sebenarnya masih banyak cara menghapus dan membersihkan file sisa uninstall di laptop atau komputer tanpa software. Tetapi kali ini cukup ini dulu yang bisa saya share. Cara ini adalah cara manual alias satu persatu, kelebihannya kita bisa sedikit belajar seluk beluk komputer dan tidak selalu bergantung pada software.

Artikel lain lihat di Daftar Isi

Sekian saja, terimakasih sudah mampir..

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,