Home » , » Cara Mudah Menyolder Kutub Baterai Dengan Cutter Kertas

Cara Mudah Menyolder Kutub Baterai Dengan Cutter Kertas

By Dion Mloto on 22.4.17

Cara Mudah Menyolder Kutub Baterai Dengan Cutter Kertas
Whuick?! apa ni?! hee... iyah, cara mudah menyolder kutub baterai dengan cutter kertas. hihiks.. maksud saya begini,. Biasanya saat kita bermain - main dengan solder dan komponen elektronika terkadang punya kendala saat perangkat atau kit yang sedang kita rakit ingin kita tes. Kendalanya di catu daya atau power supply.

Bagi yang ekspert pastinya sudah memiliki perangkat power suply khusus yang menyediakan bermacam - macam tegangan output. Dari tegangan rendah sampai tegangan tinggi. Tetapi bagi yang sekedar iseng coba - coba kayak saya, cukup kesulitan saat melakukan testing dari perangkat yang di oprek - oprek. Kebutuhan tegangannya pun relatif rendah di kisaran 3 volt sampai 12 volt DC.

Nah mau nggak mau, karena nggak punya adaptor multi output (hayyah bahasa apa ini) hee... harus memutar otak mengakali baterai yang umumnya memiliki tegangan 1.5 volt agar menjadi tegangan yang lebih tinggi dengan cara merangkai beberapa baterai. 

Masalahnya,.. terkadang kita kesulitan untuk menyambung kabel pada kutub - kutub baterai. Yang sering terjadi timah tidak mau menempel pada kutub baterai alias ngglinding. Bete deh.. Usut sana usut sini akhirnya solder yang di salahin. Nggak panas lah, rusak lah, jelek lah dan blabla bla.... panjang kali lebar kali tinggi banyak alasan. Kalau alasan solder kurang panas bisa jadi. Tapi intinya menurut saya bukan itu kawan. Di bahas lain waktu saja bab ini mah,

Lalu bagaimana cara mudah menyolder kutub baterai tanpa harus beli solder mahal? Cara mudahnya dengan cutter kertas. Lho kok nyolder pake cutter kertas. Hayyah! Namanya nyolder ya pastinya pakai solder dan timah. Adapun "menyolder kutub baterai dengan cutter kertas" itu merupakan alat bantu tambahan untuk memudahkan kita menyolder kutub - kutub baterai biar langsung nempel pel kayak perangko.

Nah gimana sih cara menyolder kutub baterai dengan bantuan cutter kertas ini.? Sangat mudah kok, sebelum kutub baterai di solder dan di beri timah, kerik dahulu kutub - kutub baterai tersebut menggunakan ujung cutter kertas. Tujuannya selain untuk membuang kotoran di lapisan paling atas kutub baterai juga untuk melukai plat kutub agar timah dapat mengikat kuat dengan kutub baterai.

Habis di kerik jangan di pegang atau di sentuh pakai jari lagi, soalnya keringat juga akan menghalangi proses pengikatan timah dengan plat kutub baterai. cukup tiup dan panasin dengan solder lebih kurang 3 sampai 5 detik. Tambahkan timah dengan cara mendadak, jadi jangan terlalu sedikit ngasih timahnya (Lihat video cara menyolder kutub baterai dengan mudah di sini

Setelah timah menempel dengan kuat di plat kutub baterai silakan menambahkan kabel - kabel yang di perlukan. Ciri solderan kutub baterai menempel kuat adalah bentuk timah lancip mengerucut, tidak bulat. Terus saat di panasin timah tidak jatuh ngglinding atau ikut ujung solder semuanya.

Trus... apalagi ya? *mikir* Ya Udah! gitu aja!

Kalau pengen liat tutorial singkat cara mudah menyolder kutub baterai dengan video silakan datang ke sini Dan cara solder kutub baterai dengan bantuan amplas link nya ada di sini

Udah gitu aja tips singkat dari saya dion mloto, salam kreatif dan trimakasih sudah mampir..

0 comments:

Post a Comment

Kalau komentar belum di jawab, artinya saya jarang online atau memang ilmu saya belum sampai ke situ bro,